BLANTERWISDOM101

Sharing Shareng Desa Wisata Gamplong

Rabu, 02 Oktober 2024

(Foto bersama POKDARWIS Gamplong dan Pengelola Desa Wisata Krebet)

(11/9) Desa Wisata Krebet Kembali menerima kunjungan yang dilakukan oleh POKDARWIS Gamplong. Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka study banding oleh pengelola wisata Gamplong.

Dalam kunjunganya ke Desa Wisata Krebet, Pengelola Desa Wisata Gamplong berdiskusi dengan Agus Jati Kumara, S.E (Ketua Pengelola Desa Wisata Krebet) dengan berbagai macam topik pembahasan. Dalam pemaparanya Desa wisata Krebet merupakan Desa Wisata yang bermula dari potensi batik kayu yang sangat luar biasa. Dengan branding #batikkayunyandonesia sudah menjelaskan bahwa Krebet merupakan satu-satunya sentra penghasil batik kayu terbesar di Indonesia. Keunikan ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh sesepuh di Desa Wisata Krebet, dengan melihat peluang banyaknya batik kain yang berkembang di Bantul, para sesepuh/pelopor batik kayu menginovasikan lilin yang digunakan untuk menggambar di kain dicoba ke kayu dan hasilnya sangat luar biasa. Berbagai pameran yang diikuti hasil kerajinan batik kayu sangat banyak peminatnya. Seiring perkembangan zaman Desa Wisata Krebet mulai menerima kunjungan tamu wisata. Hal ini beriringan dengan beberapa pemenuhan fasilitas penunjang dalam penerimaan kunjungan.

Selain melakukan sharing bersama, Pengelola Wisata Gamplong juga belajar membatik kayu. Antusias yang luar biasa terlihat dari raut wajah mereka. Beberapa Pengelola Wisata Gamplong menjelaskan bahwa ini merupakan pengalaman pertama mereka membatik diatas kayu. Pengelola Gamplong juga mencoba untuk mewarnai hingga nglorot lilin yang ada di batik kayu mereka.

Setelah membatik Pengelola Wisata Gamplong juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa homestay yang ada disekitar Sekretariat Desa Wisata Krebet. Mereka banyak belajar dari pengalaman pemilik homestay di Desa Wisata Krebet tentang bagaimana menjadi tuan rumah yang baik untuk tamu menginap yang datang.

Share This :

0 comments