BLANTERWISDOM101

Outing Class SD 1 Tegalrejo Yogyakarta

Minggu, 06 Oktober 2024


(19/9) Dalam rangka pembelajaran berbasis luar kelas atau yang biasa disebut outing class. SD 1 Tegalrejo Kota Yogyakarta mengunjungi sentra batik kayu di Kabupaten Bantul, yaitu di Desa Wisata Krebet. Kunjungan pertama kali ini dilakukan oleh SD 1 Tegalrejo yang dimana peserta kunjungan merupakan peserta didik kelas 5 yang berjumlah 60 anak. Adanya kurikulum baru yang diterapkan di dunia Pendidikan mengharuskan setiap anak untuk setidaknya sekali melakukan pembelajaran diluar kelas. Hal ini bertujuan mendekatkan siswa dengan lingkungan, mempermudah pemahaman materi dengan melihat realita sesungguhnya. Outing Class merupakan satu di antara proses pembelajaran yang inovatif, nyata, dan relevan dengan tuntutan zaman.

Keberadaan Desa Wisata Krebet sebagai salah satu Destinasi Wisata Edukasi batik kayu, menarik perhatian SD 1 Tegalrejo untuk melakukan kegiatan di Krebet. Disini para peserta didik dikenalkan dengan batik kayu, dimulai dari proses pembuatan pola, nyanting, pewarnaan hingga nglorot kerajinan batik kayu. Hal ini merupakan pengalaman pertama yang tentunya memberikan kesan yang baik kepada peserta didik di SD 1 Tegalrejo. Adanya outing class ke Desa Wisata Krebet, peserta didik menjadi lebih paham tentang bagaimana proses yang harus dilakukan untuk menjadikan sebuah kerajinan batik kayu.

Tak hanya membuat kerajinan batik kayu, para peserta didik juga diperkenalkan dengan dolanan tradisional “mul-mulan” permainan yang sudah ada di Desa Wisata Krebet sejak jaman nenek moyang yang turun-temurun masih lestari hingga saat ini. Pengenalan permainan tradisional ini juga bertujuan untuk pengetahuan peserta didik yang dimana zaman sekarang sudah sangat lengket dengan gadget. Anak-anak SD Tegalrejo 1 juga sangat antusias dalam mendengarkan intruksi yang diberikan oleh fasilitator dari Desa Wisata Krebet. Kunjunugan SD 1 Tegalrejo berjalan denga naman dan lancar hingg akhir acara.

Share This :

0 comments